Cara Kerja Mesin Bensin 4 tak Sampai Sisa Pembakaran Label

Cara Kerja Mesin Bensin 4 tak Sampai Sisa Pembakaran Label

Pertama Bensin dan Udara dimasukkan melalui lubang Intake, lalu terjadi
Kompresi
 (Piston naik ketitik mati atas), pada saat Piston posisi di puncak terjadi pengapian (oleh Spark Plug) terjadi pembakaran/peledakan, Piston tertekan menuju
Titik mati bawah
,
sisa pembakaran (asap) dikeluarkan melalui lubang Exhaust 
. Urutan proses ini berulang terus menerus selama mesin hidup.
Cara Kerja Motor Bensin 4 Langkah
 
Torak 
 bergerak naik turun di dalam silinder dalam
gerakan reciprocating
. Titik tertinggi yang dicapai oleh torak tersebut disebut
 titik mati atas (TMA)
 dan titik terendah disebut
titik mati bawah (TMB)
. Gerakan dari
TMA
ke
TMB
disebut
langkah torak (stroke).
 Pada motor 4 langkah mempunyai 4 langkah dalam satu gerakan yaitu
langkah penghisapan, langkah kompresi
 ,
langkah kerja
 dan
 langkah pembuangan. Langkah hisap
 Pada
gerak hisap
,
campuran udara bensin dihisap ke dalam silinder
. Bila jarum dilepas dari sebuah alat suntik dan plunyernya ditarik sedikit sambil menutup  bagian ujung yang terbuka dengan jari (alat suntik akan rusak bila plunyer ditarik dengan tiba-tiba), dengan membebaskan jari akan menyebabkan udara masuk ke alat suntik ini dan akan terdengar suara letupan. Hal ini terjadi sebab tekanan di dalam lebih rendah dari tekanan udara luar. Hal yang sama juga terjadi di mesin, torak dalam gerakan turun dari
TMA ke TMB
 menyebabkan kehampaan di dalam silinder, dengan demikian campuran udara bensin dihisap ke dalam. Selama langkah torak ini, katup hisap akan membuka dan katup buang menutup.
Langkah kompresi
 
 
 
Dalam
gerakan ini campuran udara bensin yang di dalam silinder dimampatkan oleh torak yang bergerak ke atas dari TMB ke TMA
. Kedua katup hisap dan katup  buang akan menutup selama gerakan tekanan dan suhu campuran udara bensin menjadi naik. Bila tekanan campuran udara bensin ini ditambah lagi, tekanan serta ledakan yang lebih besar lagi dari tenaga yang kuat ini akan mendorong torak ke  bawah. Sekarang torak sudah melakukan dua gerakan atau satu putaran, dan poros engkol berputar satu putaran
Langkah kerja
 Dalam gerakan ini,
 campuran udara bensin yang dihisap telah dibakar dan menyebabkan terbakar dan menghasilkan tenaga yang mendorong torak ke bawah meneruskan tenaga penggerak yang nyata.
Selama gerak ini katup hisap dan katup buang masih tertutup. Torak telah melakukan tiga langkah dan poros engkol berputar satu setengah putaran
Langkah buang
 
ssumber:http://www.academia.edu/4942111/Cara_Kerja_Mesin_Bensin_4_tak_Sampai_Sisa_Pembakaran_Label
 
 
Dalam gerak ini,
torak terdorong ke bawah, ke TMB dan naik kembali ke TMA untuk mendorong gas-gas yang telah terbakar dari silinder
. Selama gerak ini kerja katup buang saja yang terbuka. Bila torak mencapai TMA sesudah melakukan pekerjaan seperti di atas, torak akan kembali pada keadaan untuk memulai gerak hisap. Sekarang motor telah melakukan 4 gerakan penuh, hisap-kompresi-kerja- buang. Poros engkol berputar 2 putaran, dan telah menghasilkan satu tenaga. Di dalam mesin sebenarnya, membuka dan menutupnya katup tidak terjadi tepat pada TMA dan TMB, tetapi akan berlaku lebih cepat atau lambat, ini dimaksudkan untuk lebih efektif lagi untuk aliran

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. duniaotomotif - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template | Distributed By: BloggerBulk
Proudly powered by Blogger